Kelebihan dan kekurangan Huawei Honor Holly

Kelebihan dan kekurangan Huawei Honor Holly

Gogihouse – Samsung telah meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, Samsung Galaxy J1. Smartphone ini sepertinya berusaha melecehkan ASUS dan Xiaomi yang saat ini sangat mendominasi pasar entry level di Indonesia. Selanjutnya, Samsung juga menawarkan Galaxy J1 hanya dengan Rs 1,5 crore.

Samsung Galaxy J1 sendiri terdiri dari 4 varian berbeda. Setiap varian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu saja keempatnya memiliki harga yang berbeda pula. Berikut perbedaan keempat varian tersebut:

– SM-J100H / DS: SIM ganda, RAM 512MB, jaringan HSDPA, prosesor Spreadtrum inti ganda
– SM-J100FN: SIM Tunggal, RAM 1GB, Jaringan LTE, CPU Quad Core Marvell PXA1908
– SM-J100M: SIM Tunggal, RAM 1GB, Jaringan LTE, CPU Quad Core Marvell PXA1908
– SM-J100F: SIM Tunggal, RAM 1GB, Jaringan LTE, CPU Quad Core Marvell PXA1908

Dari keempat varian tersebut, hanya varian SM-J100H/DS yang saat ini dijual di Indonesia. Varian ini paling murah dibanding yang lain. Jadi harga Rp. 1.499.000 mengarah ke spesifikasi Anda? Yuk simak ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J1 berikut ini.

Keunggulan Samsung Galaxy J1

Dengan harga yang murah, sebenarnya kita tidak bisa mengharapkan banyak manfaat yang akan diberikan oleh smartphone ini kepada kita. Selain itu, Samsung biasanya mengenakan harga yang lebih tinggi daripada produsen lain. Itulah beberapa keunggulan yang ditawarkan Galaxy J1.

Kamera yang kuat

Samsung Galaxy J1 hadir dengan kamera utama yang memiliki resolusi 5 megapiksel. Kamera tersebut mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 piksel. Selanjutnya, kamera juga dapat merekam video beresolusi HD 720p dengan kecepatan 30 fps (frame per second).

Fitur yang ada di dalam kamera termasuk autofokus, geotagging, fokus sentuh, dan deteksi wajah. Terdapat pula LED flash di bagian belakang yang akan membantu proses pemotretan low light. Sedangkan bagi Anda yang hobi berfoto selfie, pada bagian depan smartphone ini terdapat kamera dengan resolusi 2 MP.

Baterai tahan lama

Samsung Galaxy J1 dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 1850 mAh. Baterai tersebut dapat digunakan untuk panggilan telepon di jaringan 3G hingga 10 jam, browsing internet hingga 9 jam di jaringan 3G dan 12 jam di jaringan WiFi, pemutaran video hingga 9 jam, dan pemutaran musik hingga 40 jam.

Dukungan MicroSD hingga 128GB

Bagi Anda yang suka menyimpan banyak file berukuran besar, Samsung Galaxy J1 sudah menawarkan slot memori eksternal MicroSD yang mendukung kapasitas hingga 128GB. Artinya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori penyimpanan selama Anda memiliki kartu microSD dengan kapasitas 128GB.

Kekurangan Samsung Galaxy J1

Jika kita coba bandingkan dengan spesifikasi berbagai smartphone Android yang ada di pasaran saat ini, bisa dikatakan Samsung Galaxy J1 tertinggal di belakang. Ya, smartphone ini memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya terlihat seperti smartphone 2013.

512MB RAM

Cukup aneh bila Samsung hanya membenamkan RAM 512MB di smartphone ini. Karena hampir semua perangkat Android terbaru dibekali dengan RAM 1GB. Bahkan Android One yang dikenal sebagai “smartphone murah” sudah memiliki RAM 1GB.

Masalahnya di sini bukan ukurannya, tetapi kinerjanya. Seperti diketahui, perangkat dengan RAM 512 MB ini cukup berat untuk menjalankan sistem operasi Android, bahkan dari versi 4.0 Android Ice Cream Sandwich (ICS).

Meskipun Google mengatakan bahwa Android 4.4 KitKat didukung oleh RAM 512MB, sebagian besar aplikasi dan game terbaru tidak didukung. Jika kita membuka aplikasi dan game tersebut, kinerja umumnya akan melambat dan akan ada efek lag.

Memori internal 4 GB

Sekali lagi, meski pabrikan lain sudah menawarkan kapasitas penyimpanan 8GB, Samsung Galaxy J1 masih memiliki memori internal 4GB. Kapasitasnya cukup besar jika Anda hanya menyimpan aplikasi standar, tapi lain cerita jika Anda suka bermain game.

Jadi kapasitas 4GB umumnya akan cepat habis ketika Anda hanya menginstal beberapa game saja. Masalah lain adalah kapasitas yang tersedia untuk pengguna tidak benar-benar 4 GB, tetapi kurang dari 2,5 GB karena sebagian telah digunakan untuk kebutuhan sistem.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

Cara Cek IMEI HP

Cara Cek IMEI HP

Cara cek imei hp – Di masa pandemi yang mengharuskan untuk belajar dari rumah, membuat sebagian masyarakat berbondong-bondong untuk membeli ponsel android. Agar lebih hemat, ada yang sengaja membeli ponsel ilegal yang dikenal dengan nama ponsel BM (Black Market). Sedangkan sebagian lagi lebih memilih cara aman, yaitu dengan membeli ponsel yang legal dengan IMEI yang sudah terdaftar secara resmi.

Apa Itu IMEI

Perlu Anda ketahui, dalam setiap ponsel pasti memiliki nomor IMEI yang merupakan nomor identitas perangkat tersebut. Ibaratnya, IMEI ini berfungsi sebagai KTP bagi ponsel Anda. Jika IMEI tersebut tidak terdaftar, maka ponsel tersebut akan diblokir sehingga tidak akan mendapatkan sinyal dari berbagai provider di Indonesia. Sebab, operator seluler menggunakan nomor tersebut untuk melakukan identifikasi terhadap perangkat yang tersambung di jaringannya.

Cara Cek IMEI Yang Akurat

Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu apakah ponsel tersebut termasuk legal atau ilegal. Sebab, ada kalanya pihak penjual tidak menjelaskan apakah ponsel yang ditawarkan termasuk kategori ponsel BM atau tidak. Untuk itu, agar tidak salah pilih, ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk cek IMEI HP android. Kelima cara tersebut diantaranya adalah:

1. Kardus Ponsel

Cara pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan melihat di salah satu sisi kardus ponsel. Umumnya, di sana tercantum berbagai informasi yang terkait dengan ponsel tersebut, seperti nomor IMEI, spesifikasi ponsel, dan sebagainya.

2. Bagian Bodi Belakang Ponsel

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli HP tipe lama yang second tanpa kardus. Tidak perlu cemas, masih ada cara cek IMEI HP lainnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan, Anda tidak perlu menyalakan HP tersebut.

Caranya adalah dengan membuka bagian bodi belakang ponsel dan angkat baterainya. Pada bodi ponsel tersebut akan tampak cetakan stiker nomor IMEI, entah itu di atas slot SIM card atau di bawah baterai.

3. Menu Pengaturan

Cara berikutnya untuk cek nomor IMEI bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Otomatis, ponsel Anda harus dalam kondisi menyala untuk bisa melakukan cara yang satu ini. Pertama, Anda harus masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu lalu pilih menu “tentang ponsel” dan klik “status”. Nantinya, Anda akan melihat beberapa informasi seperti Nomor IMEI, Nomor seri ponsel, status kartu SIM, dan alamat IP.

4. Phone Dialer

Cara cek IMEI HP yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan menu “Dial” pada ponsel Anda dan menekan kode *#06#. Setelah beberapa saat, akan muncul nomor IMEI ponsel beserta Serial Number (SN).

5. Cek Melalui Situs Kemenperin

Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel dengan menggunakan salah satu dari keempat cara di atas, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah IMEI tersebut telah terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindustrian) atau belum.

Cara pengecekannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs resmi milik Kemenperin, yaitu https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Ketikkan 15 digit nomor IMEI pada kolom yang ada pada situs tersebut.
  3. Klik tombol “Search”.
  4. Akan muncul pemberitahuan apakah IMEI ponsel yang Anda masukkan telah terdaftar di database Kemenperin atau tidak.

Anda bisa memilih cara cek IMEI HP yang menurut Anda paling mudah. Apakah dengan melihat kardus ponsel, cek bodi ponsel, dial ke *#06#, atau masuk ke menu pengaturan. Sedangkan untuk mengetahui legalitasnya, Anda bisa mengecek nomor IMEI tersebut melalui situs Kemenperin. Pastikan ponsel yang Anda miliki adalah ponsel legal agar tidak terblokir sehingga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.