Cara Cek IMEI HP

Cara Cek IMEI HP

Cara cek imei hp – Di masa pandemi yang mengharuskan untuk belajar dari rumah, membuat sebagian masyarakat berbondong-bondong untuk membeli ponsel android. Agar lebih hemat, ada yang sengaja membeli ponsel ilegal yang dikenal dengan nama ponsel BM (Black Market). Sedangkan sebagian lagi lebih memilih cara aman, yaitu dengan membeli ponsel yang legal dengan IMEI yang sudah terdaftar secara resmi.

Apa Itu IMEI

Perlu Anda ketahui, dalam setiap ponsel pasti memiliki nomor IMEI yang merupakan nomor identitas perangkat tersebut. Ibaratnya, IMEI ini berfungsi sebagai KTP bagi ponsel Anda. Jika IMEI tersebut tidak terdaftar, maka ponsel tersebut akan diblokir sehingga tidak akan mendapatkan sinyal dari berbagai provider di Indonesia. Sebab, operator seluler menggunakan nomor tersebut untuk melakukan identifikasi terhadap perangkat yang tersambung di jaringannya.

Cara Cek IMEI Yang Akurat

Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu apakah ponsel tersebut termasuk legal atau ilegal. Sebab, ada kalanya pihak penjual tidak menjelaskan apakah ponsel yang ditawarkan termasuk kategori ponsel BM atau tidak. Untuk itu, agar tidak salah pilih, ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk cek IMEI HP android. Kelima cara tersebut diantaranya adalah:

1. Kardus Ponsel

Cara pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan melihat di salah satu sisi kardus ponsel. Umumnya, di sana tercantum berbagai informasi yang terkait dengan ponsel tersebut, seperti nomor IMEI, spesifikasi ponsel, dan sebagainya.

2. Bagian Bodi Belakang Ponsel

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli HP tipe lama yang second tanpa kardus. Tidak perlu cemas, masih ada cara cek IMEI HP lainnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan, Anda tidak perlu menyalakan HP tersebut.

Caranya adalah dengan membuka bagian bodi belakang ponsel dan angkat baterainya. Pada bodi ponsel tersebut akan tampak cetakan stiker nomor IMEI, entah itu di atas slot SIM card atau di bawah baterai.

3. Menu Pengaturan

Cara berikutnya untuk cek nomor IMEI bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Otomatis, ponsel Anda harus dalam kondisi menyala untuk bisa melakukan cara yang satu ini. Pertama, Anda harus masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu lalu pilih menu “tentang ponsel” dan klik “status”. Nantinya, Anda akan melihat beberapa informasi seperti Nomor IMEI, Nomor seri ponsel, status kartu SIM, dan alamat IP.

4. Phone Dialer

Cara cek IMEI HP yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan menu “Dial” pada ponsel Anda dan menekan kode *#06#. Setelah beberapa saat, akan muncul nomor IMEI ponsel beserta Serial Number (SN).

5. Cek Melalui Situs Kemenperin

Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel dengan menggunakan salah satu dari keempat cara di atas, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah IMEI tersebut telah terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindustrian) atau belum.

Cara pengecekannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs resmi milik Kemenperin, yaitu https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Ketikkan 15 digit nomor IMEI pada kolom yang ada pada situs tersebut.
  3. Klik tombol “Search”.
  4. Akan muncul pemberitahuan apakah IMEI ponsel yang Anda masukkan telah terdaftar di database Kemenperin atau tidak.

Anda bisa memilih cara cek IMEI HP yang menurut Anda paling mudah. Apakah dengan melihat kardus ponsel, cek bodi ponsel, dial ke *#06#, atau masuk ke menu pengaturan. Sedangkan untuk mengetahui legalitasnya, Anda bisa mengecek nomor IMEI tersebut melalui situs Kemenperin. Pastikan ponsel yang Anda miliki adalah ponsel legal agar tidak terblokir sehingga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.